VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI PGSD-FKIP UMMAT

VISITASI AKREDITASI
Share this post

MATARAM-Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (PGSD-FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) melaksanakan visitasi akreditasi dari BAN PT pada tanggal 28-30 April 2019.

Tim Assesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Dr. Aan Listiana, S.Pd., M.Pd. dan dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Prof. Dr. Ir. Arita Marini, M.E. akan melakukan proses visitasi yang meliputi pemeriksaan berkas-berkas akreditasi serta fasilitas yang mendukung untuk perkuliahan seperti laboratorium microteaching, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, laboratorium tematik, perpustakaan, dan administrasi penunjang yang lain.

Dr. Aan Listiana, S.Pd., M.Pd. menjelaskan bahwa kegiatan visitasi ini merupakan proses klarafikasi dari borang yang sudah dikirim. Ia mengucapkan selamat untuk rektor beserta seluruh jajaran lebih khusus pimpinan yang ada di FKIP yang sudah lolos visitasi. “Sekarang ini untuk lolos visitasi harus ada tes plagiasinya sehingga kalau ditemukan plagiarismnya maka borang yang bapak/ibu kirim tidak akan divisitasi”, jelas Doktor UPI tersebut.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram mengungkapkan bahwa tahun ini merupakan tahun ketiga program studi PGSD berdiri. Dalam kurun waktu tiga tahun, PGSD sudah melakukan visitasi akreditasi sebanyak dua kali. “Kami merasa bahagia sekaligus bangga bisa diakreditasi sebelum ada mahasiswa yang diwisuda karena biasanya program studi itu akan diakreditasi setelah ada alumninya”, ungkap H. Arsyad Abd. Gani.

Kemudian lanjutnya, setiap program studi harus siap dengan visitasi akreditasi dengan terus mengedepankan kualitas layanan akademik sehingga mampu diterima baik oleh mahasiswa dan stakeholder yang berkepentingan. Visitasi akreditasi juga harus menjadi cermin nyata terhadap kinerja perguruan tinggi/ program studi sehingga mampu memberikan gambaran mutu, efisiensi, serta relevansi suatu program studi yang diselenggarakan sehingga meningkatkan kredibilitasnya di tengah masyarakat.

“Kegiatan visitasi akreditasi ini merupakan suatu kemajuan dan pencapaian yang luar biasa bagi UMMAT lebih khusus PGSD FKIP karena ini merupakan bukti komitmen teman-teman untuk meningkatkan kredibilitas program studi sehingga kepercayaan masyarakat akan bisa meningkat”, jelas Rektor UMMAT.

Lebih lanjut, Ia mengharap arahan, bantuan, dan bimbingan dari tim assessor untuk memperbaiki manajemen pengelolaan program studi PGSD sehingga kedepan PGSD bisa menjadi salah satu point proyek UMMAT dan akan mampu bersinergi positif dengan keberadaan Muhammadiyah Boarding School.

“Kami sudah memiliki Muhammadiyah Boarding School yang meliputi layanan penitipan anak, paud, dan taman kanak-kanak.  Insya Allah tahun ini kami akan membuka tingkat sekolah dasar. Besar harapan kami bahwa PGSD ini akan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan lulusan terbaik nantinya akan ikut mengembangkan Muhammadiyah Boarding School yang kami miliki”, harap Rektor UMMAT.

Diakhir sambutannya, Arsyad Abd. Gani mengatakan bahwa semua Program studi wajib melaksanakan akreditasi sesuai peraturan yang ditetapkan oleh dirjen dikti. Semoga dengan adanya visitasi akreditasi ini, program studi PGSD FKIP-UMMAT menjadi lebih berkualitas dan mendapatkan nilai yang baik sesuai yang harapan. “Dengan begitu mahasiswa PGSD yang insya Allah nanti menjadi angkatan perdana pada wisuda tahun 2020 bisa mengantongi nilai akreditasi”, tutupnya (Dhie)

Share This: