UMMAT ADAKAN INTERNATIONAL GUEST LECTURE

UMMAT ADAKAN INTERNATIONAL GUEST LECTURE
Share this post

MATARAM-Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) mengadakan acara “International Guest Lecture” dengan tema “Education in Uganda and Climate Change”. Prof. Dr. Nabalegwa Muhamud, M. Sci, Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Kyambogo-Uganda-Africa Timur merupakan pembicara utama dalam acara tersebut.

Acara guest lecture bertujuan untuk memahamkan dan memberi pengetahuan kepada mahasiswa agar nantinya mampu bermanfaat baik diranah lokal, nasional, maupun internasional. Untuk berkontribusi di kancah internasional, mahasiswa perlu dan penting untuk mengetahui sejarah dan iklim kehidupan suatu Negara.

Acara tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram dan dihadiri oleh dosen dari kedua fakultas pelaksana. Selain itu, mahasiswa juga cukup antusias untuk mengikuti acara tersebut. Terbukti sekitar 300 mahasiswa memadati Aula Rektorat lantai III UMMAT. Mahasiswa mengajukan berbagai pertanyaan dan menceritakan keadaan pendidikan di Indonesia. Bagi mahasiswa, acara tersebut merupakan kesempatan untuk bertukar pikiran demi pendidikan yang lebih baik.

“Kami sangat mengapresiasi acara-acara positif seperti ini karena kita bisa belajar. Selama itu baik, dari siapun dan dimanapun harus kita terima. Sikap dan pikiran yang terbuka akan menuntun kita pada keberhasilan yang lebih baik lagi”, ucap salah satu peserta.

Dalam sambutannya, Drs. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd selaku rektor menyatakan bahwa acara tersebut merupakan bukti hasil kerjasama dan komunikasi internasional yang selama ini dilakukan. “Titik tekan kita bukan pada banyaknya MoU yang ditanda tangani akan tetapi realisasi dari MoU itulah yang jauh lebih penting”, paparnya.

Acara guest lecture tersebut merupakan kerjasama UMMAT dengan Universitas Kyambogo-Uganda. “Setelah kita mengetahui bagaimana keadaan dan kualitas pendidikan di Uganda, maka kita bisa menawarkan kegiatan-kegiatan yang cocok atau kita bisa mengadopsi proses pendidikan mereka, harap Rektor UMMAT.

Lebih lanjut H.Arsyad Abd. Gani menyampaikan bahwa nantinya dosen dapat melakukan pertukaran mengajar atau melanjutkan program doctoral. Selain itu, mahasiswa dan karyawan juga memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan study exchange ke negara-negara yang telah melakukan hubungan kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Mataram.

Sebelum menutup sambutan, Rektor berpesan kepada semua mahasiswa, dosen, dan seluruh hadirin untuk mendengarkan dengan seksama penyampaian materi sehingga hasil dari acara tersebut bisa maksimal.

“Saya meminta kepada saudara semua untuk serius mengikuti acara ini hingga selesai, karena tidak setiap saat kita mengadakan acara seperti ini. Semoga setelah guest lecture ini, kita bisa menginisiasi program-program yang berkualitas demi terwujudnya UMMAT yang unggul”, tutupnya. (Dhie)

Share This: