TERUS LAKUKAN INOVASI, UMMAT SIAP TERAPKAN SYSTEM VIRTUAL ACCOUNT (VA) UNTUK PEMBAYARAN TAGIHAN MAHASISWA

SYSTEM VIRTUAL ACCOUNT
Share this post

Pada periode ketiga Rencana Induk Pengembangan Lembaga (2018-2023), Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) terus melakukan pembenahan dan peningkatan mutu institusi. Upaya ini dilakukan agar UMMAT mampu berdaya saing baik ditingkat nasional lebih-lebih di kawasan ASEAN yang merupakan visi universitas islami ini. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu meningkatkan kerjasama dengan berbagai Bank Mitra UMMAT terutama yang berkaitan dengan pelayanan keuangan.

Baru-baru ini UMMAT mendapat reward dari PT Bank Muamalat Indonesia Tbk dalam bentuk software pendukung layanan smart campus. Wakil Rektor Dua yang membidangi bagian keuangan dan kepegawaian, Siti Lamusiah, S.Pd., M.SI mengatakan reward ini sangat membantu untuk memudahkan implementasi layanan smart campus.“Kita berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan keuangan UMMAT, Alhamdulillah Bank Muamalat memberikan kita hadiah berupa software jadi penerapan integrasi system billing dan payment solution untuk layanan pembayaran tagihan mahasiswa bisa kita maksimalkan”, ungkapnya.

Menindaklanjuti keberadaan reward ini, seluruh pegawai keuangan UMMAT mendapat sosialisasi sekaligus pelatihan dari Direktur PT Inovasi Cipta Teknologi, Maulana Romadoni, SE sebagai salah satu vendor penyedia layanan smart campus. Pelatihan ini sebagai upaya memberikan pemahaman kepada pegawai keuangan agar siap bekerja dengan system yang baru. “Untuk tahun ajaran baru nanti, semua transaksi pembayaran uang kuliah mahasiswa sudah menggunakan System Virtual Account (VA), jadi pegawai keuangan harus paham dengan layanan ini”, tambah Siti Lamusiah.

Dengan menggunakan sistem VA ini, ada beberapa keuntungan yang diperoleh. Pertama, memudahkan mahasiswa karena bisa melakukan pembayaran dimanapun berada. Kedua, mengurangi antrian panjang saat melakukan pelaporan lunas SPP. “Kita juga berikhtiar untuk mengintegrasikan system keuangan dengan bidang akademik sehingga kedepan mahasiswa bisa langsung ngisi KRS tanpa melakukan aktifasi melalui loket SPP”, harap Wakil Rektor Dua.   

Setelah pelatihan berakhir, salah satu pegawai keuangan UMMAT menjelaskan bahwa melalui system VA ini mahasiswa bisa melakukan pembayaran menggunakan berbagai metode pembayaran modern seperti transfer melalui ATM, Internet Banking, Mobile Banking, dan SMS Banking. Mahasiswa tidak perlu lagi antri di teller Bank untuk melakukan pembayaran, meskipun pembayaran melalui teller juga masih bisa dilakukan. “Pembayaran melalui teller Bank tetap bisa dilakukan hanya caranya lebih sederhana, yaitu dengan mengisi formulir setoran seperti biasanya, cukup langsung memberitahukan nomor VA sebagai no rekening tujuan yang”, jelas Ramlah Budiarti, SE. (Dhie)

Share This: