RADIO PENCERAH UMMAT SIAP MENGUDARA HINGGA KABUPATEN SUMBAWA BARAT

radio ummat
Share this post

MATARAM-Universitas Muhammadiyah Mataram terus memaksimalkan usaha untuk pengembangan lembaga. Beberapa hari yang lalu, Rektor yang didampingi oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM-NTB) dan Badan Pembina Harian (BPH- UMMAT) melakukan peluncuran (launching) radio yang diberi nama Radio Pencerah UMMAT di lantai enam gedung Fakultas Ilmu Kesehatan.

Radio dengan colsen Radio UMMAT yang berfrekuensi 87.6 Mhz ini merupakan hasil take over saham sebanyak 90 persen dari PT. Radio Vini Vidi Vici. Siaran radio ini juga bisa distreaming melalui aplikasi Radio UMMAT dengan cara mendownloadnya melalui Play Store. 

Mengawali sambutannya, Drs. H. Arsyad Abd. Gani selaku rektor mengungkapkan bahwa permohonan izin untuk pengadaan radio ini sudah diusahakan sejak tahun 2016. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mendukung keberadaan program studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). “Pada awal terbentuknya prodi KPI, yang paling penting untuk dimiliki yaitu laboratorium Radio. Rencana yang sudah kita rancang sejak tiga tahun yang lalu untuk mendapatkan izin penyiaran, Alhamdulillah hari ini baru bisa terealisasi” ungkap Rektor UMMAT dengan penuh syukur.

Radio Pencerah UMMAT tersebut sudah bersifat komersial. Artinya siarannya tidak hanya dinikmati oleh komunitas kampus atau keluarga persyarikatan Muhammadiyah NTB saja akan tetapi bisa dikonsumsi oleh masyarakat umum. Lebih dari itu, kedepannya Radio ini dapat mengembangkan sayapnya di tengah-tengah masyarakat khususnya pulau Lombok sehingga mampu berperan sebagai badan usaha UMMAT yang potensial dan diandalkan dari segi bisnis penyiarannya.

“Mulai sore ini, Radio Pencerah UMMAT sudah bisa didengar di seluruh pelosok pulau Lombok. Tidak hanya itu, menurut teknisi kita, siarannya bisa didengar sampai di kabupaten Sumbawa Barat”, ujar H.Arsyad.

Menurutnya, tujuan dari pengadaan Radio tersebut tidak lain agar program studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) bisa maksimal dalam proses implementasi materi didalam kelas dengan cara memanfaatkan radio sebagai alat penyiaran dakwah persyarikatan. Lebih lanjut, Rektor juga mengajak seluruh hadirin yang hadir untuk mulai menginstall aplikasi Radio Pencerah UMMAT ini di playstore. “Saya berharap, mulai sore ini bapak ibu sudah bisa mendengarkan Radio kita di mobil atau di android masing-masing. Hal ini perlu dilakukan dalam rangka mendukung upaya untuk memancarkan dakwah persyarikatan.

Lebih lanjut, beliau berharap agar Radio Pencerah UMMAT disamping menjalankan fungsi bisnisnya, juga aktif berperan dalam menyiarkan dakwah Muhammadiyah dan mensosialisasikan lembaga di tengah-tengah masyarakat. Dengan begitu, UMMAT ke depannya lebih berkembang lagi dan mampu memenangi persaingan ketat di era globalisasi dewasa ini khususnya di bidang pendidikan tinggi.

“Dengan adanya radio ini, saya berharap promosi UMMAT akan semakin meningkat dan maksimal. Saya juga berpesan kepada Humas dan Protokoler untuk segera menyurati dan menjadwalkan waktu promosi untuk masing-masing fakultas”, tutup Drs. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd. (Dhie)

Share This: