MELALUI PENELITIAN DAN PENGABDIAN, MAHASISWA UMMAT SIAP MELAJU KE PIMNAS 2019

PIMNAS 2019
Share this post

MATARAM-Upaya menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa terus dilakukan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam membentuk karakter, keterampilan berpikir, dan kemampuan bertindak mahasiswa. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan implementasi Tri dharma Perguruan Tingi. Program Kreativitas Mahasiswa merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan tentunya prestasi perguruan tinggi.

Baru-baru ini Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mengadakan kegiatan evalusi dan monitoring atau Monev Eksternal untuk program kreativitas mahasiswa PKM 5 Bidang (17/7).

Kegiatan yang diselenggarakan di Universitas Mataram tersebut dihadiri oleh 91 kelompok dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan juga Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah Nusa Tenggara Barat. Dari Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) ada sembilan kelompok PKM skim penelitian dan pengabdian yang telah diterima pengusulan proposal dan kemarin mahasiswa-mahasiswa yang bersangkutan melaporkan hasil hibah PKMnya.

Hafsah, M.Pd selaku Wakil Rektor bidang kemahasiswaan UMMAT mengapresiasi keberhasilan tersebut.  “Dari pengajuan proposal hingga monitoring pelaksanaan PKM ini merupakan buah dari kerja keras dan semangat seluruh tim PKM mahasiswa dan dosen pembimbing”, tuturnya.

Semua proposal yang mendapat dana dari Dikti nantinya masih akan diseleksi kembali melalui proses evaluasi dan monitoring. Selanjutnya proposal yang dinyatakan lolos di tahap tersebut berhak untuk maju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

“Kita gembira dan bersyukur menjadi terbanyak kedua tingkat LLDIKTI wilayah VIII setelah Universitas Mahasaraswati Denpasar yang didanai Dikti untuk program kreativitas mahasiswa. Selanjutnya, setelah Monev Eksternal ini kita perlu berdo’a dan bekerja keras agar nantinya bisa lolos ke PIMNAS dan kita harus siap,” jelasnya.

Lebih lanjut, salah satu mahasiswa yang menerima dana hibah skim pengabdian mengharapkan bahwa kedepannya UMMAT dapat meningkatkan pembinaan sehingga mahasiswa mampu berdaya saing di tingkat regional, nasional, bahkan internasional. Dengan begitu, visi misi UMMAT untuk bersaing dikawasan ASEAN bisa terwujud. 

“Saya berharap, akan lebih banyak pembinaan dan pendampingan untuk meningkatkan program kreativitas mahasiswa, bila perlu kedepan kampus menyediakan pusat program kreativitas mahasiswa (PKM Center) sehingga komunikasi dan sharing keilmuan bisa terjaling dengan baik serta Monev Internal bisa terlaksana dengan maksimal”, harap Muh. Sauqy, Mahasiswa D3 Perpustakaan UMMAT. (Dhie)

Share This: