MAHASISWA UMMAT SIAP BERKONTRIBUSI UNTUK THAILAND SELATAN

MAHASISWA UMMAT SIAP BERKONTRIBUSI UNTUK THAILAND SELATAN
Share this post

MATARAM-Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) terus melakukan penjajakan kerjasama dengan berbagai Negara, seperti Arab Saudi, Sudan, Malaysia, Singapore, India, Taiwan, Australia, Belanda, Inggris, Polandia serta lembaga-lembaga Asing. Beberapa waktu yang lalu UMMAT melakukan tanda tangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Negara Gajah Putih (Thailand) melalui Abroad Alumni Association of Southern Border Provinces di Wilayah Pattani, Thailand Selatan.

Dalam kesempatan tersebut, Dr Lukman selaku Kepala Biro Kerjasama, Humas, dan Protokoler menyatakan bahwa kesempatan tersebut sangat luar biasa baik bagi mahasiswa maupun lembaga. “Kegiatan KKN-PPL luar negeri pasti akan memperluas jaringan komunikasi dan menambah persaudaraan bagi mahasiswa. Dan itu merupakan langkah untuk mewujudkan visi-misi Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) sebagai Universitas yang berwawasan gobal di Negara ASEAN”, ungkapnya.

Salah satu program yang tertuang dalam perjanjian kerjasama tersebut adalah KKN-PPL Integration International Programs. Terwujudnya kegiatan ini berkat keseriusan Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram dengan Pemerintah Propinsi Nusa Tenggara Barat khususnya Bappeda NTB.

“Mereka telah membantu terealisasinya kegiatan ini hingga terwujudnya Catur Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, kita dapat melakukan presentasi program Pariwisata mengingat NTB mengalami penurunan kuantitas wisatawan baik Luar Negeri maupun Dalam Negeri. Langkah tersebut merupakan kontribusi kami untuk NTB”, jelasnya.

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa di wilayah Pattani, tidak akan ditemui para Mario Maurer karena jarak antara Pattani dengan Bangkok cukup jauh. Thailand memang merupakan Negara pemeluk Agama Buddha. Namun di Wilayah Pattani, Thailand Selatan itu adalah mayoritas penduduk pemeluk agama Islam.

“Penduduknya mayoritas Islam dan menggunakan bahasa melayu (Melayu Thai) sebagai bahasa sehari-hari. Suasana keislaman disanapun sangat kental dan masyarakatnyat cukup hangat”, terang Kepala Biro Kerjasama, Humas, dan Protokoler tersebut.

Sebagai tindak lanjut MoU yang sudah ditanda tangan bersama, UMMAT telah mengirim mahasiswa untuk mengikuti kegiatan KKN-PPL Integration International Programs selama 4 (empat) bulan di Pattani, Thailand Selatan. Kegiatan ini diamanatkan untuk mengajar bahasa melayu (Bahasa Indonesia), Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab, serta Mengaji.

Ketika melakukan pelepasan mahasiswa, rektor berpesan agar mahasiswa menjaga nama baik lembaga, keluarga dan nama baik mahasiswa sendiri. Hal tersebut merupakan langkah awal untuk meraih prestasi terbaik di masa yang akan datang. Menciptakan generasi emas harus dimulai oleh generasi saat ini dengan terus mengembangkan diri kearah yang positif dan progresif.

Lebih lanjut  H. Arsyad Abd. Gani meyakini bahwa UMMAT kedepan akan dapat meraih prestasi gemilang dalam mengembangakan program-program baik ditingkat lokal, nasional, maupun internasional. “Dengan komitmen yang tinggi yang dimiliki seluruh civitas akademika UMMAT saat ini, maka insya Allah kita akan memperoleh yang terbaik di masa yang akan datang, termasuk meningkatkan akreditasi lembaga ini”, tutupnya. (Dhie)

Share This: