SIAP SAMBUT MAHASISWA BARU, UMMAT TINGKATKAN KOMUNIKASI, PROMOSI, DAN SOSIALISASI

Promosi Mahasiswa Baru
Spread the love

MATARAMKegiatan komunikasi, promosi, dan sosialisasi Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) tahun ajaran 2019/2020 diselenggarakan oleh UPT PPWA (Lembaga Promosi, Penerimaan Mahasiswa Baru, Wisuda, dan Alumni) selaku unit yang mengemban tugas dan fungsi promosi institusi. Untuk mendukung kegiatan ini, PPWA menggandeng PDM (Pimpinan Daerah Muhammadiyah) se-NTB, Ortom (Organisasi Otonom) Muhammadiyah yang berada di daerah, dan juga para alumni. Kegiatan ini dilaksanakan di pulau Lombok dan pulau Sumbawa sejak tanggal 3 Maret 2019 hingga sekarang.

Dalam melakukan kegiatan ini, PPWA membentuk team khusus bersama perwakilan rektor dan perwakilan masing-masing fakultas. Kepala UPT PPWA mengatakan pembagian team dilakukan untuk mengefisiensi waktu dengan target hasil yang lebih baik dari sebelumnya. “Kira-kira dibutuhkan waktu satu minggu di lapangan untuk melakukan kegiatan komunikasi, promosi, dan sosialisasi sehingga kami membagi team promosi dan juga menentukan koordinator di masing-masing wilayah kabupaten maupun kota”, ungkap Ramayanto.

Kegiatan komunikasi, promosi, dan sosialisasi ini dilaksanakan dibeberapa sekolah Menengah Atas (SMA) se-NTB dengan presentasi materi tentang informasi penerimaan mahasiswa baru, profile kampus, informasi akreditasi program studi, dan informasi beasiswa yang ada di UMMAT. Presentasi materi hanya membutuhkan waktu lebih kurang 25 menit kemudian dilanjutkan dengan kegiatan tanya jawab. Selain presentasi dan tanya jawab, anggota team membagikan brosur universitas, brosur fakultas, dan juga brosur program studi kepada seluruh siswa dan tamu undangan yang hadir.

Untuk kelancaran kegiatan ini, PPWA meminta kepada para Ortom Muhammadiyah dan Alumni untuk membantu pemasangan spanduk informasi kampus ditempat-tempat strategis. Selain itu, para anggota team melakukan penempelan pamphlet di majalah dinding sekolah sembari melakukan sosialisasi di luar kelas dengan  berdiskusi dengan guru-guru. Kegiatan komunikasi, promosi, dan sosialisasi mencakup seluruh kabupaten dan kota yang ada di wilayah NTB seperti: Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Sumbawa Barat dan kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu dan Kabupaten/Kota Bima.

Salah satu tujuan kegiatan ini yaitu memperkenalkan sekaligus mengajak siswa untuk bergabung dengan keluarga besar UMMAT. Ramayanto mengungkapkan bahwa hal yang paling sering ditanyakan oleh siswa adalah akreditasi prodi dan institusi, beasiswa, dan hal-hal mengenai syarat pendaftaran. “Alhamdulillah, para siswa yang hadir cukup antusias menerima kedatangan kami dengan menyodorkan berbagai pertanyaan terkait informasi pendaftaran, akreditasi program studi, dan juga informasi beasiswa yang ada di UMMAT”, tambahnya.

Untuk memaksimalkan hasil kegiatan komunikasi, sosialisasi, dan promosi ini, para team meminta beberapa daftar kontak/social media siswa kelas XII. Hal ini dilakukan agar memudahkan komunikasi dan sharing informasi terkait penerimaan mahasiswa baru, informasi fakultas, dan juga informasi terkait Profile Universitas. Dengan demikian, calon mahasiswa baru bisa yakin untuk memilih Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) sebagai salah satu tempat untuk berproses dan mengembangkan diri menjadi manusia yang unggul dan islami menuju masa depan yang lebih baik. (Dhie)

Share This: