UMMAT Mewisuda 1027 Lusan sarjana dan Diploma

Universitas Muhammadiyah Mataram pada hari Sabtu, tanggal 8 September 2018 akan  menyelenggarakan Wisuda Periode Agustus Tahun Akademik 2017/2018, bertempat di Lapangan Kampus UMMAT, pada pukul 08.00 WIB s.d selesai. Prosesi Wisuda yang dilaksanakan dalam tajuk Sidang Terbuka Senat UMMAT yang dipimpin langsung oleh Rektor UM Mataram, Drs. Arsyad A. Gani, M.Pd yang akan mewisuda mahasiswa Program Diploma-III dan Program Sarjana dengan total keseluruhan 1027 lulusan.  

Rincian dari jumlah keseluruhan wisudawan/ti UMMAT sebagai berikut :

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik : 294 orang

Fakultas Pertanian :   44 orang

Fakultas Teknik : 106 orang

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan   : 342 orang

Fakultas Hukum :   62 orang

Fakultas Agama Islam :   65 orang

Diploma Kesehatan : 113 orang

Dari 1027 jumlah wisudawan/wisudawati tersebut sebanyak 198 orang berpredikat cumlaude, Rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan periode wisuda Agustus 2018 sebesar 3,27. IPK tertinggi diraih oleh mahasiswi Program Studi Teknik Pertanian Fakultas Pertanian atas nama Nur Annisa Istiqomah. Nomor Induk Mahasiswa 31412A0028 dengan IPK sebesar 3,94. Tertinggi kedua diraih oleh mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik atas nama Magfirah Rizki Maulana, Nomor Induk Mahasiswa 21412A0058 dengan IPK 3,92. Tertinggi ketiga diraih oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan atas nama Yuan Aristo Malo, Nomor Induk Mahasiswa 31413A0031 dengan IPK 3,91.

UM Mataram sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Nusa Tenggara Barat memiliki 23 Program Studi yang telah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN – PT) dan secara institusi juga telah memperoleh akreditasi B.

Wisuda kali ini sangat spesial karena akan ada Orasi Ilmiah yang akan disampaikan oleh Joni Safaat Ardiansyah, Ph.D Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat UMMAT. Selain itu juga akan dihadiri oleh Dr. H. Haedar Nashir Ketua Umum PP Muhammadiyah sekaligus memberikan sambutan. Perwakilan Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Dikti Litbang) PP Muhammadiyah Prof. DR. H. Ahmad Nurmandi hadir mendampingi Ketua PP Muhammadiyah sekaligus memberi sambutan. Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Falahuddin, S.Ag., M.Ag juga hadir mendampingi PP Muhammadiyah. Dra. Putu Angraemi Sri Andayani, MM perwakilan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2-Dikti) Wilayah VIII (Nusa Tenggara) juga berkesempatan hadir dan memberikan sambutan. Sedangkan untuk koordinator Kopertais Wilayah IV Surabaya akan diwakili oleh DR. H. Arif Mansuri, M.Pd yang akan memberikan sambutan.

Pelaksanaan wisuda periode Agustus 2017/2018 mengalami kemunduran waktu, seharusnya dilaksanakan pada bulan Agustus 2018 diundur menjadi tanggal 8 September 2018 disebabkan karena musibah gempa bumi yang merusak rumah sebanyak 83.392 unit dan korban meninggal sebanyak 548 jiwa di NTB. Tentunya ini sangat memperihatinkan dan perlu perhatian khusus.

Berdasarkan kondisi tersebut Rektor UMMAT mengambil langkah cepat dan strategis yakni membentuk konsorsium PTS se-NTB untuk mengajak PTS di NTB secara kolektif memberikan bantuan pendidikan (beasiswa) bagi korban terkena dampak bencana gempa bumi. Kebijakan konkrit yang dilakukan oleh UMMAT yakni pembebasan kewajiban SPP satu semester bagi mahasiswa terkena dampak bencana gempa bumi bagi mahasiswa lama dan bagi mahasiswa baru yang terkena dampak bencana dibebaskan dari semua kewajiban persyaratan daftar ulang kecuali persyaratan menyerahkan ijazah dan KTP. Hal ini tentunya menepis rumor yang beredar di media sosial bahwa UMMAT tidak mewisuda mahasiswa KLU karena belum melunasi pembayaran SPP, berita ini tidak benar (hoax) adanya. 

Wisuda periode Agustus 2018 yang akan berlangsung menugaskan Fakultas Pertanian UMMAT membentuk kepanitiaan dan ditetapkan Ir. Asmawati, MP. sebagai ketua Panitia dimana saat ini Ir. Asmawati, MP. Bertugas sebagai Dekan Fakultas Pertanian UMMAT.

Harapannya semoga pelaksanaan wisuda periode Agustus 2018 dapat berjalan dengan sukses dan memberikan kesan tersendiri bagi para wisudawan/wisudawati UMMAT. Selamat kepada para wisudawan/wisudawati UMMAT tantangan sebenarnya menunggu di depan.

Share This:

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *