Profil FAPERTA

Dekan

:
 Ir. Nazaruddin, MP
Sekretaris Dekan

:
 Syirril Ihromi, SP.,MP
Alamat

:
 Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan Mataram
 Telp. (0370) 628657

Sejarah Singkat

Universitas Muhammadiyah Mataram yang didirikan pada tahun 1980 dikelola oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan Akta Notaris Abdurrahim, SH Nomor : 355 tanggal 24 Oktober 1981 kemudian diubah dengan Akta Notaris yang sama no. 16 tanggal 8 Agustus 1986.
Diawal berdirinya Universitas Muhammadiyah Mataram mengelola 4 Fakultas diantaranya Fakultas  Pertanian dengan satu Jurusan/Program Studi yaitu ; Teknologi Pertanian.
Seiring dengan perkembangannya Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Mataram menambah program Studi yaitu ; menjadi 2 ( dua ) :
a.    Jurusan/Prodi : Teknik Pertanian   S1
b.    Jurusan/Prodi : Teknologi Hasil Pertanian  S1

Program Studi di Lingkungan Fakultas Pertanian telah  mendapatkan Ijin Penyelenggraan (Perpanjangan) dari Kopertis Wilayah VIII Denpasar Yaitu masing-masing :
1.    Jurusan/ Program Studi : Teknologi Pertanian/Teknik Pertanian Nomor : 2832/D/T/K-VIII/2009 tanggal 15 Juli 2009
2.    Jurusan/ Program Studi : Teknologi Pertanian/Teknologi Hasil Pertanian Nomor : 2833/D/T/K-VIII/2009 tanggal 15 Juli 2009


Adapun Susunan Personalia selengkapnya sebagai berikut :

Dekan

:
 Ir. Nazaruddin, MP
Sekretaris Dekan

:
 Ir. Suwati, M.M.A
Ketua Prodi Teknik Pertanian

:
 Syahabuddin, SP
Ketua Prodi Teknologi Hasil Pertanian

:
 Syiril Ihromi, SP MP




Visi dan Misi

1.    Visi

Menjadi Fakultas Pertanian  yang mandiri, unggul dan mampu menghasilkan lulusan Teknologi Pertanian yang berbasis lingkungan melalui pemanfaatan potensi keanekaragaman alami dan menonjolkan komuditas unggulan lokal, berdaya saing dan berakhlak mulia dalam rangka mewujudkan masyarakat utama yang diridhoi Allah S. W. T.

2.    Misi

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat dalam bidang Teknologi Pertanian dengan menyelenggarakan Program Studi yang handal dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni dibidang Teknologi Pertanian untuk mendukung Pembangunan Pertanian berkelanjutan sehingga dapat memenuhi tuntutan pelanggan masa kini dan masa datang.
a.    Misi Pendidikan
Menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang bermutu dan mampu mandiri dengan menjaga dan memanfaatkan sumber daya alami untuk menghasilkan produk melalui penggunaan Teknologi Pertanian yang tepat.
b.    Misi Penelitian
Menyelenggarakan Penelitian untuk mengembangkan Teknologi Pertanian dengan memanfaatkan sumber daya hayati wilayah yang hasilnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.
c.    Misi Pengabdian Pada Masyarakat
Memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang Teknologi Pertanian berndasarkan hasil-hasil maupun informasi yang ada untuk meningkatkan pengetahuan dan kesejahteraan.

B.    Dasar dan Tujuan

1.    Dasar

Fakultas Pertanian didirikan bersamaan dengan Universitas Muhammadiyah Mataram (UMM) tahun 1980 dengan akta Notaris Abdurrahim, SH Nomor. 355 tanggal 24 Oktober 1981 kemudian dirubah dengan Akta Notaris Nomor. 16 tanggal 8 Agustus 1986. Secara resmi didirikan berdasarkan Keputusan Mendibud Nomor. 0255/0/1987,
Tgl. 4 Maret 1987 dengan Jurusan Teknologi Pertanian Program Studi Teknologi Hasil Peratnian dan Teknik Pertanian (Mekanisasi Pertanian). Pada tanggal, 9 Juni 1991 kedua Program Studi tersebut berdasarkan SK. Dirjen Dikti Nomor. 0350/0/1991 ”Statusnya Diakui”

2.    Tujuan

1.    Menghasilkan tenaga pembangunan dalam bidang Teknologi Pertanian untuk mengisi kebutuhan masyarakat akan tenaga yang mahir, terampil, mandiri dan tanggap terhadap pengembangan ilmu dan teknologi pertanian yang memiliki :
a.     Bertaqwa kepada Allah S. W. T.
b.     Berjiwa Pancasila dan memiliki Integritas pengabdian yang tinggi sebagai Sarjana Teknologi Pertanian
c.     Bersifat terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu, teknologi dan seni maupun masalah yang dihadapi masyarakat khususnyayang berkaitan dengan bidang Teknologi Pertanian
d.    Mampu menguasai pengetahuan dan keterampilan serta menerapkan teknologi dan seni yang dimiliki sesuai dengan bidang keahliannya dalam bidang teknologi pertanian
e.    Menguasai dasar-dasar ilmiah dan metodologi bidang teknologi pertanian sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada dibidang keahliannya
2.    Menemukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam disiplin ilmu Teknologi Pertanian serta mampu berperan sebagai pusat pengembangan dalam bidang Teknologi Pertanian
3.    Memberikan pelayanan pada masyarakat dalam bentuk penyebarluasan dan penerapan ilmu pengetahuan teknologi dan seni dalam menunjang pembangunan pertanian berkelanjutan khususnya dalam bidang Teknologi Pertanian.
4.    Memupuk dan mengembangkan kerja sama kemitraan dengan dunia usaha, Perguruan Tinggi dan Lembaga IPTEK lainnya, baik didalam maupun diluar negeri.

Misi fakultas Pertanian yang penyusunannya berdasarkan Misi Universitas yaitu  :
1.    Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang Pertanian, penelitian, pengabdian masyarakat, dengan prinsip belajar sepanjang hayat.
2.    Mengembangkan budaya berpikir ilmiah dibidang teknik dengan menyelenggarakan kegiatan ilmiah bagi civitas akademika, mendorong kegiatan mimbar akademik kampus beretika Islam, dan kajian ilmiah Islam yang dijiwaio oleh semangat ketauhidan.
3.    Mengembangkan jiwa kewirausahaan dalam bidang Pwertanian melalui program pengembangan dan penyempurnaan  kurikulum dan kegiatan ekstra kurikuler.
4.    Membangun kegiatan kerjasama dengan perguruan tinggi dan industri, dalam rangka membangun Fakultas Pertanian  yang dapat menghasilkan lulusan yang bermanfaat bagi masyarakat pengguna.
5.    Mewujudkan seluruh kegiatan Fakultas Pertanian menjadi gerakan da’wah amal ma’rup nahi munkar.

Misi tersebut dilakukan atas kekuatan yang dimiliki Fakultas Pertanian berupa:
-    Memanfaatkan secara optimal system informasi yang dimiliki dan turut serta mengembangkannya.
-    Staf pengajar yang berkompeten
-    Tinggi mutu kemampuan dan pengabdian.
-    Pengembangan system pendidikan yang terintegrasi.
-    Melakukan kerja sama dengan pemerintah,  perguruan tinggi lain, lembaga penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Untuk itu Fakultas Pertanian memerlukan :
-    Kurikulum yang kompeten dan berkembang sesuai dengan kebutuhan.
-    Dosen yang kemampuannya selalu meningkat
-    Mahasiswa dan lulusan yang berkemampuan tinggi
-    Jaringan informasi yang memadai dan terus berkembang
-    Keleluasan hubungan kerja sama
-    Penataan kelembagaan dengan arahan kepemimpinan yang baik
-    Pengembangan Fasilitas pendukung yang konsisten
-    Perwujudan IPTEK dalam Program Studi Teknik Pertanian, Teknologi Hasil Perftanian Rencana Pengembangan Fakultas Pertanian
-    Memanfaatkan secara optimal dan mengembangkan lebih lanjut system informasi yang dimiliki.
-    Peningkatan kinerja Fakultas Pertanian menyangkut permasalahan :
•    Efisiensi waktu
•    Produktifitas waktu
•    Kualitas kerja


PROGRAM STUDI TEKNIK PERTANIAN


Ketua Program Studi : Guyup Mahardian Dwi Putra, STP.,M.Si

Program Studi Teknik Pertanian telah mendapat perpanjangan ijin SK Mendiknas  No.2832/D/T/K-VIII/2009 tertanggal 15 Juli 2009. Terakreditasi 028/BAN-PT/Ak-XIII/S1/I/2006 tanggal 26 Januari 2006, sedang proses perpanjangan akreditasi pada BAN PT.

Tujuan Arah Pendidikan
a.    Mewujudkan sumber daya manusia dibidang Teknik Pertanian  yang cerdas kompetitif dan berjiwa wirausaha;
b.    Mewujudkan kader intelektual dibidang Teknik Pertanian yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlaq mulia, percaya kepada diri sendiri, serta dapat beramal sesuai bidang ilmu yang dimiliki secara ikhlas demi terwujudnya masyarakat utama yang diridhoi Allah SWT.
c.    Mewujudkan kader persyarikatan, kader umat dan kader bangsa di bidang teknik Pertanian sebagai penggerak dak’wah amal mak’ruf nahi mungkar yang berpedoman kepada Al Qur’an dan Assunah.

Kompetensi Program Studi

A.    VISI

Mewujudkan dan membentuk Sarjana Teknik Pertanian yang Mandiri dan memiliki Keunggulan Intelektual, Emosional dan Spiritual.

B.    MISI

a.    Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang Teknik Pertanian, penelitian, pengabdian masyarakat, dengan prinsip belajar sepanjang hayat;
b.    Mdengembangkan budaya berfikir ilmiah di bidang Teknik Pertanian dengan menyelenggarakan kegiatan ilmiah bagi civitas akademika, mendorong kegaiatan mimbar akademik kampus beretika Islami, dan kajian ilmiah Islam yang dijiwai oleh semangat ketahuhidan;
c.    Mengembangkan jiwa kewirausahaan dalam bidang Teknik Pertanian melalui program pengembanga dan penyempurnaan kurikulum dan kegiatan ekstra kurikuler;
d.    Membangun kegiatan kerjasama serta jaringan  dengan Perguruan Tinggi lain dan  Pemerintah sehingga dapat menghasilkan lulusan yang bermanfaat bagi masyarakat pengguna.

C.    SASARAN

a.    Mampu menerapkan pengetahuan dan ketra  mpilan teknologi yang dimilki sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.
b.    Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidangnya.



PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN


Ketua Program Studi : Yeni Sulastri, S.TP.,M.Si

Program Studi Teknologi Hasil Pertanian telah mendapat perpanjangan ijin SK Mendiknas  No.2833/D/T/K-VIII/2009 tertanggal 15 Juli 2009. Terakreditasi 028/BAN-PT/Ak-XIII/S1/I/2006 tanggal 26 Januari 2006, sedang proses perpanjangan akreditasi pada BAN PT.

Tujuan Arah Pendidikan
a.    Mewujudkan sumber daya manusia dibidang Teknologi Hasil Pertanian yang cerdas kompetitif dan berjiwa wirausaha;
b.    Mewujudkan kader intelektual dibidang Tekonologi Hasil Pertanian  yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlaq mulia, percaya kepada diri sendiri, serta dapat beramal sesuai bidang ilmu yang dimiliki secara ikhlas demi terwujudnya masyarakat utama yang diridhoi Allah SWT.
c.    Mewujudkan kader persyarikatan, kader umat dan kader bangsa di bidang Teknologi Hasil Pertanian sebagai penggerak dak’wah amal mak’ruf nahi mungkar yang berpedoman kepada Al Qur’an dan Assunah.

Kompetensi Program Studi

A.    VISI

Mewujudkan dan membentuk Sarjana Teknologi Hasil Pertanian yang mandiri dan memiliki keunggulan Intelektual, Emosional dan Spiritual.

B.    MISI

a.    Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang Teknologi Hasil Pertanian sepanjang hayat;
b.    Mengembangkan budaya berfikir ilmiah di bidang  Teknologi Hasil Pertanian mendorong kegaiatan mimbar akademik kampus beretika Islami, dan kajian ilmiah Islam yang dijiwai oleh semangat ketahuhidan;
c.    Mengembangkan jiwa kewirausahaan dalam bidang Teknologi Hasil Pertanian melalui program pengembangan dan penyempurnaan kurikulum dan kegiatan ekstra kurikuler;
d.    Membangun kegiatan kerjasama serta jaringan  dengan Perguruan Tinggi lain dan  Pemerintah sehingga dapat menghasilkan lulusan yang bermanfaat bagi masyarakat pengguna;

C.    SASARAN

a.    Mampu menerapkan pengetahuan dan ketra  mpilan teknologi yang dimilki sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.
b.    Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidangnya. 



Universitas Muhammadiyah Mataram

  • Kampus I
  • Jl. K. H Ahmad Dahlan, No. 1
    Mataram, Nusa Tenggara Barat
  • Telephone:(0370) 633723
  • Fax: (0370) 641906
  • E-mail: lptik@ummat.ac.id

  • Kampus II
    • Jl. Praya - Mantang, Km. 5,5
      Penaban Praya, Nusa Tenggara Barat

Latest Articles

UMMAT Twitts


Loading