UMMAT MENJADI TUAN RUMAH SEMINAR INETRNATIONAL ICEAT (INTERNATIONAL CONFERENCE ON ENGINEERING AND APPLIED TECHNOLOGY)

Kegiatan Forum Grup Diskusi Teknologi (FGDT) Perguruan Tinggi Muhammadiyah adalah merupakan salah satu rekomendasi dari Seminar Nasional yang diadakan dalam rangkaian Muktamar Muhammadiyah Tahun 2010 di Yogyakarta. FGDT merupakan kegiatan rutin tahunan dosen-dosen Fakultas Teknik Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia. Pertemuan pertama FGDT dilakukan pada bulan September 2010 di Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan menghasilkan 3 (tiga) rekomendasi, dimana salah satunya adalah mengamanatkan pelaksanaan pertemuan rutin tahunan FGDT. Tahun ini, FGDT telah menginjak tahun ke 8 (delapan) dan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Mataram dipercaya sebagai penanggung jawab kegiatan. Kegiatan ini berlangsung dalam 3 (tiga) aktifitas utama yang dirangkaikan dengan FGDT VIII. Ketiga agenda utama tersebut adalah Seminar Nasional Teknologi Terapan ke V (SNTT V), The First International Conference on Engineering and Applied Technology (ICEAT I), dan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Sinergi ketiga agenda tersebut yang melibatkan peserta dari berbagai kalangan akan menjadikan FGDT VIII memiliki impact factor yang tinggi terhadap pembangunan di Indonesia pada umumnya.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 28-30 November 2017 bertempat di aula UMMAT dan Hotel Lombok Raya untuk kegiatan International Seminar. Keynote speaker adalah Prof. Michele Rosano dari Curtin University of Australia. Sedianya ada 3 keynotes speakers, namun karena kendala cuaca dan bencana erupsi gunung Agung di Bali, yang menyebabkan ditutupnya penerbangan Bandara Ngurah Rai an BIL Lombok, maka beberapa narasumber dan peserta membatalkan keberangkatan. Namun, kendala ini tidak mengurangi kemeriahan dan berjalannya acara. Prof. Michele Rosano menjadi pembicara tunggal dalam seminar ICEAT. Pak Joni Safaat Adiansyah, P.hD selaku ketua panitia menjelaskan bahwa beberapa kendala memang menjadikan beberapa agenda di re-schedule. Meskipun demikian, acara tetap berjalan lancar walaupun tidak sistematis sesuai dengan jadwal yang dibuat.

Acara international seminar dibuka secara resmi oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Drs. Zamahsari, M.Ag selaku representasi, dalam sambutannya menjelaskan bahwa isu pembangunan dan teknologi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari peradaban manusia. Teknologi mengambil peran yang cukup penting dalam dinamika dan aktifitas masyarakat modern. Hal ini disebabkan karena teknologi menawarkan kemudahan-kemudahan dalam fasilitas, komunikasi, transportasi dan lain sebagainya. Oleh karena itu, manusia sebagai designers sekaligus users dituntut untuk terus berinovasi dalam mengembangkan pemanfaatan dan penerapan teknologi dalam rangka meningkatkan kualitas hidup manusia. Rektor UMMAT yang diwakili WR 1, ibu Rena Aminwara, M.Si juga dalam sambuatnnya kurang lebih memberikan harapan yang sama dari rangkaian kegiatan FGDT VIII tersebut. Beliau berharap output kegiatan ini dapat mengembangkan publikasi penelitian rekayasa teknologi yang berkelanjutan dan humanis, dan membangun komunikasi dan jaringan antar peneliti, institusi, dan pemangku kepentingan terkait lainnya supaya teknologi menjadi bagian penting dalam peningkatan kualitas kehidupan.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *